Tajin Bu'uk Kuliner Khas Pamekasan

Bubur tepung Jagung atau yang biasa kita disebut dengan Tajin Bu’uk (bu’ bu’) yang terbuat dari inti sari gilingan jagung ini memiliki rasa khas Madura. Namun, makanan khas orang Madura tempo dulu tersebut mulai ditinggal oleh masyarakat modern. Padahal, makanan ini sangat menarik minat masyarakat apabila dikelola dengan baik.




Untuk membuat Tajin Bu’uk ini tidaklah serumit yang kita bayangkan, inti sari jagung yang selesai digiling dimasak seperti layaknya memasak nasi biasa, hanya saja campuran airnya diperbanyak agar ketika masak menjadi bubur, alias tidak kental.

Setelah matang, kemudian dituang ke piring dengan kondisi hangat. Perlu menyediakan air sari kelapa sebagai bahan pelengkap. Air sari kelapa yang sudah siap itu, dituang ke dalam piring yang berisi Tajin atau bubur itu.


Untuk menambah rasa yang lebih nikmat, Tajin Bu’uk ini biasanya ditambah dengan irisan gula merah atau gula aren sebagai pemanis diatas makanan khas warga pedesaan Madura ini. 

Tajin Bu’uk ini sekarang sudah jarang dijumpai ditengah kehidupan masyarakat. Biasanya, orang yang membuat makanan jenis ini, mereka yang hidup di wilayah pedesaan.



Sumber : http://portalmadura.com/


0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: