Sabtu, 14 Desember 2013

Permainan Ketapel

Nama permainan ini diambil dari nama alatnya yang terbuat dari kayu yang dibentuk menyerupai huruf “Y” atau dahan kayu bercagak/bercabang. Permainan ini dilakukan oleh anak laki-laki berumur antara 7 hingga 14 tahun. Ketapel adalah sebuah mainan sederhana namun bisa menjadi sebuah senjata sederhana yang hebat, sebuah ketapel apabila dimainkan oleh orang yang sudah terampil tidak hanya mampu membunuh seekor burung merpati.

Ketepel berukuran tinggi 25 cm. Pada kedua ujung kayu dipasang karet kolor hitam atau merah panjang 55 cm, ujung-ujung karet disambungkan dengan potongan kulit. Alat ini dipakai untuk menembak sesuatu seperti binatang atau buah-buahan. Sebagai peluru digunakan batu kecil yang dipasang pada kulit. Ketepel dibidikkan dengan membentangkan karet kolor, dan kulit yang telah berisi kerikil dipegang dengan tangan kiri. Selanjutnya kulit lepas, bila si anak tangkas dalam membidiknya maka batu akan dapat mengenai sasaran.


Sebuah ketapel tidak hanya dimainkan oleh orang Indonesia saja, di luar negeripun sudah sejak lama orang tau ini, bahkan seorang dewasa pun banyak yang menggunakan alat sederhana ini sebagai pengganti mainan dan senjata lainya, sebab jika memiliki senjata lainnya memerlukan izin tertentu, dengan memiliki senjata ketapel tidak perlu repot dengan surat izin yang merepotkan. Banyak diluar negeri membuat sebuah ketapel dengan sentuhan modern dan seni tinggi yang unik, membuat sebuah gagang ketapel dengan kayu oak dan pinus akan sangat indah hasilnya. Ketapel diluar negeri masih banyak diperjual belikan secara online baik ketapel yang sederhana ataupun yang modern... [DI]


Photo Koleksi : Berbagai Sumber



Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © BANGKALAN MEMORY | Powered by Bangkalan Memory Design by Bang Memo | Kilas Balik Bangkalan Tempo Dulu