Potret Diri Insan Madura

Sejatinya Orang Madura tersebar bukan saja hampir di seluruh Nusantara, tapi bahkan juga hampir di seluruh dunia. Tidak sedikit kisah atau cerita tentang orang Madura perantauan baik yang berskala nasional maupun internasional. Karena penyebaran yang hampir menyeluruh khususnya di Nusantara maka tidaklah sulit untuk mendapatkan kesan tentang orang Madura dari orang non Madura di manapun dan kapanpun. 

Akan tetapi sayangnya kesan yang dapat ditangkap tentang orang Madura selama ini cenderung negatif khususnya karena Faktor Pencitraannya...!!!

Pencitraan secara diskriminatif dengan hanya menampilkan salah satu sisi atau sebagian kecil saja dari kebiasaan sebagian entitas dan kemudian digeneralisasikan secara membabi-buta terhadap keseluruhan entitas tersebut. Misalnya saja dalam kasus Pencitraan orang Madura yang selama ini terkesan selalu diidentikkan dengan kekasaran dan kekerasan...Bahwa sebagian orang Madura kasar dan keras adalah sebuah fakta sosiologis yang memang sulit untuk dipungkiri. Akan tetapi pertanyaannya adalah apakah benar bahwa semua orang Madura itu keras dan kasar...??? 

Tidak adakah orang Madura yang lembut dan halus? Sekali lagi fakta sosiologislah yang berbicara bahwa ternyata tidak sedikit orang Madura yang berperangai halus dan berpembawaan lembut... selembut salju...???


Hal ini tentu kembali kepada masing-masing Ego secara sadar atau tidak akan self-defence...apalagi masih banyaknya Ulama Khos yang tidak kalah juga peranannya sebagai pembentuk watak para santri dan masrayakat setempat...!!!


Catatan :
Catatan Kecil sewaktu mengikuti Penelusuran Karakter Orang Madura tahun 1983 oleh Tim Sosial Kemasyarakatan di Madura Direktorat Jendral Kebudayan Depdikbud



Oleh : Hidrochin Sabarudin
Photo Koleksi : KITLV, Bangkalan Memory


Previous
Next Post »
Thanks for your comment