Jumat, 31 Oktober 2014

Asal Usul Desa Gili Timur Kamal Bangkalan

Menurut sumber yang dapat dipercaya ialah salah satu tokoh masyarakat setempat dan juga kebetulan sebagai kepala desa Gili Timur yaitu Bapak Moh Kholil. Asal usul nama Gili Timur yaitu sebuah kali yang bersumber dari mata air disebelah Timur jalan raya.

Konon pada masa pemerintahan Cakraningrat I, terdapat tiga saudara yaitu, Buju (orang suci) bernama Achmat, Tarhes yang dikenal dengan nama Buju Bendo dan Robbo yang dikenal dengan sebutan Buju Markun. Ketiga saudara tersebut bertapa (semedi) untuk mendapatkan air disalah satu dusun yang akhirnya dinamakan Dusun Sumber.


Tidak lama kemudian muncul sumber air yang warnanya kuning, air tersebut ditampung atau dibuatkan suatu kolam, lama kelamaan air semakin jernih, pada saat itu sumber tersebut dibuat mandi oleh masyarakat setempat, konon airnya dapat untuk obat, dan lokasi sumber air terletak sebelah Timur Pabrik Maduratek.

Selanjutnya Buju Achmad menetap di Dusun Sumber yang sekarang di sebut nama Desa Gili Timur (Gili = air yang mengalir di sebelah Timur jalan raya) menurut cerita Bapak Moch Cholil... [DI]


Photo Koleksi : Bangkalan Memory


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © BANGKALAN MEMORY | Powered by Bangkalan Memory Design by Bang Memo | Kilas Balik Bangkalan Tempo Dulu