Asal Usul Desa Karang Leman Tragah Bangkalan

Dahulu sebelum menjadi desa dan dihuni oleh penduduk wilayah ini juga masih berupa hutan belantara yang lebat dan rimbun, tidak bisa dibedakan antara yang berupa sawah, ladang atau perkampungan yang terlihat hanya hutan rimba. Tetapi calon daerah persawahan bisa dilihat sepintas yaitu pohon-pohon yang tumbuh dIdaerah yang rendah bisa hidup subur karena setelah berdiri kerajaan di sekitar wilayah ini (yang sekarang disebut Desa Bancang dan Desa Pacangan). 

Wilayah ini mulai dibabat untuk dijadikan perkampungan atau persawahan, mula-mula yang di jadikan untuk perkampungan hanya sebagian saja, karena pesatnya pertumbuhan penduduk sehingga makin lama semua wilayah ini dibabat semuanya baik untuk pemukiman maupun untuk persawahan, sampai disini wilayah ini belum ada namanya. 





Suatu ketika desa ini mengadakan hajatan sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Kuasa karena wilayah ini akan memetik panen raya karena semua tanaman pertanian hidup subur dan melimpah ruah. 





Dengan dilaksanakannya hajatan ini salah satu penduduk mengusulkan kepada para sesepuh yang datang untuk mengikuti hajatan tersebut agar wilayah ini diberi nama agar semua orang pada mengetahui dan bisa menyebut nama wilayah ini, akhirnya para sesepuh tadi berunding bersama-sama setelah ada kata sepakat maka mereka memberi nama wilayah ini menjadi Desa Karang Leman karena desa ini yang dijadikan pemukiman terdiri dari lima lokasi yang masing-masing lokasi dibatasi oleh sawah, yang asal katanya karangan daerah pemukiman yang jumlahnya lima sampai sekarang... [DI]

Keterangan :

Photo yang terdapat di dalam cerita tersebut diatas hanyalah gambaran ilustrasi saja dan dan bersifat fiktif


Sumber : Pembakuan Nama Rupa Bumi Kabupaten bangkalan Tahun 2012
Photo Koleksi : Berbagai Sumber



Previous
Next Post »
Thanks for your comment