Bambu Runcing Senjata Perjuangan Bangsa Indonesia

Pencetus gerakan perjuangan dengan senjata bambu runcing, dalam pengertian sebagai senjata perjuangan yang bersifat massal dan nasional, sampai saat ini memang belumlah sangat jelas. Senjata Bambu Runcing pernah di pakai latihan ketentaraan Seinendan pada zaman Jepang. 

Senjata Bambu Runcing digunakan sebagai alat perjuangan, berangkat dari ketiadaan, kekurangan peralatan perang yang tersedia, sementara perjuangan harus dilanjutkan terutama setelah Indonesia merdeka. Musuh Indonesia setelah proklamasi menjadi sangat banyak dan dengan kekuatan besar, Jepang yang masih bercokol, Belanda yang ingin menguasai lagi dan Sekutu yang juga akan menjajah menggantikan Jepang dan Belanda. Maka praktis, keperluan persenjataan yang di butuhkan. Bambu Runcing dan peralatan tradisional lain yang menjadi salah satu alternatif, murah dan bersifat massal. Kekuatan doa yang menjadi faktor utama kekuatan alat-alat tradisional tersebut.

Disamping itu Bambu Runcing mempunyai beberapa keistimewaan antara lain :
  1. Senjata Bambu Runcing, sulit terdeteksi radar musuh. Berbeda dengan senjata yang terbuat dari logam.
  2. Senjata Bambu Runcing, mudah disembunyikan
  3. Senjata Bambu Runcing, mudah dibuat
  4. Senjata Bambu Runcing, sangat ditakuti. Hal ini dikarenakan, yang terkena tusukan senjata ini, akan menderita sakit yang sangat luar biasa, sebelum meninggal.
  5. Senjata Bambu Runcing, praktis dan ringan dibawa kemana-mana
  6. Senjata Bambu Runcing, biaya perawatannya murah
  7. Senjata Bambu Runcing, tidak memerlukan keahlian khusus saat menggunakannya


Ternyata dalam realitas sejarah, perjuangan dengan menggunakan senjata bambu runcing, terjadi pada hampir semua medan perang. Laskar-laskar rakyat BKR, AMRI, Hizbullah, Sabilillah dan sebagainya yang terlibat pada pertempuran di berbagai peristiwa termasuk perjuangan rakyat di kota Bangkalan dengan menggunakan senjata Bambu Runcing sebagai senjata utama, sebelum mereka mampu merebut senjata musuh.


Perjuangan bersenjata yang melibatkan senjata Bambu Runcing oleh berbagai laskar rakyat dalam perjuangan kemerdekaan sangat jelas dan nyata. Bahkan selama masa setelah Proklamasi Kemerdekaan dengan musuh utama Jepang, Belanda dan Sekutu, di mana pada saat itu bangsa Indonesia masih belum memiliki cukup senjata, maka Bambu Runcing menjadi senjata massal rakyat Indonesia. Kepemilikan senjata modern oleh rakyat, setelah mampu merebut dari senjata musuh terutama dari Jepang yang telah menyerah.... [DI]


Photo Koleksi : Berbagai Sumber


0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: