Patirtan Tjakraningrat IV di Desa Sembilangan Bangkalan

Patirtan merupakan sebutan sumber air tempat mandi putri-putri keraton pada masa Kerajaan Cakra Adiningrat IV. Saat ini, sumber air itu dikeramatkan. Pengunjung dilarang mandi di sumber air yang berada di Desa Sembilangan itu. Bahkan, air dari sumber itu diyakini bisa mengobati berbagai penyakit.






Dari Kota Bangkalan Patertan berada sekitar 12 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 10-15 menit. Sumber air itu berada di dekat Pondok Pesantren (Ponpes) Matkholi’ul Anwar di Desa Sembilangan, Kecamatan Bangkalan.



Para pengujung atau pun warga disana dilarang memakai sandal bila hendak masuk ke sumber air. Pengunjung juga dilarang mandi di dalam sumber. Pengunjung hanya diperbolehkan berwudu atau mengambil airnya saja. Sebab, sumber air itu sekarang dikeramatkan.

Di samping sumber air ada kuburan dan congkop, baik sumber air maupun kuburan tidak dijaga dan dirawat. Untuk bisa masuk ke sumber berukuran kira-kira 6 meter x 3 meter itu harus melewati tangga di bagian selatan. Airnya berwarna hijau dan terdapat ikan lele di dalamnya.




”Berdasarkan cerita, sumber air ini memang merupakan sumber yang digunakan sebagai tempat mandi para putri keraton. Di sumber ini hanya diperbolehkan berwudhu. Itu pun tidak boleh membawa alas kaki ke dalam sumber.


Budayawan Bangkalan RM Hasan Sasra mengatakan, sumber air itu merupakan sumber pemandian putri keraton. Dia menyarankan tidak perlu mengeramatkan sumber itu dengan segala bentuk macam pengagungan. Dia hanya menyarankan, sumber itu harus dirawat karena merupakan peninggalan sejarah.

Kalau masalah menyembuhkan penyakit atau tidak itu hanya anggapan sugesti orang saja. Yang jelas, tempat itu harus dipelihara agar tidak hilang dan punah. Karena itu merupakan saksi sejarah tentang adanya Kerajaan Bangkalan di Desa Sembilangan.


Video Patirtan Tjakraningrat IV di Desa Sembilangan Bangkalan :



Patirtan Tjakraningrat IV ini merupakan situs cagar budaya yang harus kita pelihara dan kita jaga keasliannya karena di tempat ini merupakan peninggalan sejarah di kota Bangkalan..... [DI]


Oleh : Indra Bagus Kusuma
Photo Koleksi : Bangkalan Memory


0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: