Sabtu, 08 November 2014

Patirtan Tjakraningrat IV di Desa Sembilangan Bangkalan

Patirtan merupakan sebutan sumber air tempat mandi putri-putri keraton pada masa Kerajaan. Di Desa Sembilangan sekitar 12 kilometer dari Kota Bangkalan terdapat Patirtan peninggalan kerajaan pada masa Tjakraningrat IV. 

Patirtan Tjakraningrat IV ini terdapat 2 buah yakni patirtan disebelah Utara dan Selatan. Disebelah Utara merupakan tempat pemandian Putri Kraton, sedangkan sebelah Selatan merupakan tempat pemandian untuk para putera kraton di kerajaan Bangkalan di Sembilangan. Namun kondisi patirtan di sebelah Utara madih terawat dan terjaga dengan baik, sedangkan sebaliknya kondisi di sebelah Selatan kurang mendapat perhatian dan seolah-olah sengaja dibiarkan kotor dan rusak.

Patirtan Tjakraningrat IV sebelah Utara



Patirtan Tjakraningrat IV sebelah Selatan


Menurut Budayawan Bangkalan RM Hasan Sasra, sumber air sebelah Utara itu merupakan sumber pemandian putri keraton. Dia menyarankan tidak perlu mengeramatkan sumber itu dengan segala bentuk macam pengagungan. Dia hanya menyarankan, sumber itu harus dirawat karena merupakan peninggalan sejarah.

Patirtan Tjakraningrat IV ini merupakan situs cagar budaya yang harus kita pelihara dan kita jaga keasliannya karena di tempat ini merupakan peninggalan sejarah di kota Bangkalan.


Oleh : Indra Bagus Kusuma
Photo Koleksi : Bangkalan Memory


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © BANGKALAN MEMORY | Powered by Bangkalan Memory Design by Bang Memo | Kilas Balik Bangkalan Tempo Dulu