Tradisi Lombe (Kerapan kerbau)

Jika di pulau Madura dikenal dengan Tradisi Kerapan Sapi, pasti kita sudah banyak yang tahu dan pernah menyaksikannya. Tapi saya yakin tidak banyak yang mengetahui salah satu kekayaan budaya asli dari Madura di daerah kepulauan di ujung timur ini. Kecuali jika ada para tretan yang pernah berada di Pulau Kangean.
Lombe Kangean Foto : Doddy Yanuar Aryanto

Yaa.. Lombe adalah tradisi Kerapan Kerbau khas berasal dari Pulau Kangean Madura. Gugusan kepulauan yang masuk wilayah Kabupaten Sumenep ini mempunyai keunikan budaya yang nyaris belum terekspose.

Keunikan dari kerapan kerbau atau LOMBE, jika kerapan sapi menggunakan Joki untuk memacu lari dari sapi-sapi tersebut, maka tidak dengan kerapan kerbau ini. Untuk memacu kecepatan lari dari kerapan kerbau ini menggunakan joki yang menunggang kuda yang ikut berlari mengikuti pasangan kerbau ini.


Inilah kekayaan budaya kita yang belum pernah diekspose sebelumnya. Sebagai tambahan, info dari tretan Kangean bahwa event Lombe ini biasanya akan dilaksanakan pada bulan April. Jika ada penasaran, silakan jelajahi Kangean Madura..
Previous
Next Post »
Thanks for your comment