Nasi Serpang Khas Bangkalan

Nasi Serpang merupakan masakan khas asal Desa Serpang, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan-Madura. Ya, sebutan Serpang berasal dari nama sebuah desa di pelosok Madura. Bila para peracik Nasi Serpang yang Anda beli berasal dari desa tersebut atau bersanak saudara dari sana, maka bisa dipastikan Nasi Serpang yang Anda nikmati adalah asli. Hal ini terkait dengan resep turun-temurun.

Anda tentunya tak dapat menutup mata apabila ilmu meracik masakan adalah ilmu kasat mata yang bisa dipelajari sehingga seorang bersuku Jawa juga bisa memasak Nasi Serpang dengan cita rasa mendekati rasa aslinya.


Namun, perlu dicatat bahwa saat Anda menikmati Nasi Serpang atau masakan asal daerah lainnya, sebenarnya Anda sedang menempuh petualangan cita rasa yang dilambari adat setempat. Cita rasa itu diperoleh tak hanya dari bumbu yang diracik, namun juga dari suasana hati dan nuansa di seputar dapur tempat masakan itu dimasak.

Akan sangat berbeda sensasi dan nuansa yang akan dapat Anda tangkap dari masakan yang dimasak tempat asalnya dan kokinya tak pernah menjalani kehidupan di tempat asal masakan tersebut.

Rasakan atmosfer para peracik genuine, tembuslah alam pikir dan alam rasa mereka, dan jangan lupa untuk menikmati keikhlasan mereka saat memasak. Ya, keikhlasan telah membuat cita rasa Nasi Serpang berbeda. Keikhlasan ini pula penentu kenikmatan sebuah masakan, apapun.

Desa Serpang terletak agak di pelosok, bukan di pinggir pantai. Namun warganya tak dapat mungkir dari kenyataan bahwa dia berada di Madura yang identik dengan atmosfer pesisir. Itu sebabnya, perpaduan beragam lauk pauk tersaji pada pusaka kuliner Madura yang satu ini : Nasi Serpang.


Pada dasarnya menu dari nasi serpang ini sendiri sangat sederhana, yaitu terdiri dari nasi putih, sayur krecek dan tahu, pepes ikan tongkol, sepotong telur asin, dendeng kering, kerang, peyek udang dan dilengkapi dengan sambal terasi yang dibungkus daun pisang dan dilapisi oleh kertas koran. Demikian juga cara menjualnya sangatlah simple, yaitu cukup dijajakan diatas meja beralas tikar di pinggir jalan. Walaupun begitu, nasi serpang ini sangat diburu oleh masyarakat Bangkalan karena harganya yang terjangkau dan rasa yang mantap.


Kekhasan dari nasi serpang ini juga adalah lauknya yang sangat colour full dan komplit dipadu nasi putih yang punel, karena padi atau berasnya diperoleh dengan membeli dari petani setempat di daerah Sabiyan-Bangkalan. sehingga nasi serpang ini menjadi makanan fovorit bagi masyarakat Bangkalan karena mempunyai cita rasa yang nikmat dan lezat... [DI]


Previous
Next Post »
Thanks for your comment