Ale’ - Selle’ Tradisi Kaum Perempuan yang Semakin Pudar

Ale'-selle’ (mencari kutu rambut; "Madura") merupakan kegiatan rutin yang sering sekali dilakukan oleh para ibu ketika di waktu senggang. Pekerjaan sambilan tersebut tentunya sangatlah mengasyikkan (katanya lho... hehehe), dan di samping membantu membersihkan rambut dari kutu, ketombe, mencabuti uban yang bikin gatal di kepala, maupun kotoran-kotoran yang sering menempel di kulit kepala, maka kebiasaan ale' - selle’ tersebut sering kali menjadi ajang tempat untuk saling bergosip. 

Tentu saja kebiasaan ale'-selle’, menjadi hiburan tersendiri, menjadi kebutuhan untuk saling berinteraksi sesama tetangga. Meskipun saat ini kebiasaan semacam itu sudah sangat berkurang, karena intensitas yang semakin sibuk sehingga kebiasaan ini semakin berkurang, apalagi betapa gencarnya Televisi menayangkan produk acara andalan dan membuat betah bokong kepanasan. Dari pagi buta sampai tengah malam, bergantian pencet tombol untuk mencari cannel kegiatan yang menarik. Barangkali untuk wilayah perkotaan, acara ale’ - selle’ saat ini hanya menjadi sebuah lintasan kenangan saja. Karena berbagai produk pembunuh serangga dengan berbagai aroma bertebaran di pasaran. Dengan sekali pakai obat pemusnah, maka semua kutu yang bersarang di kepala akan segera mati.



Kebiasaan ale' - selle’, yang bersifat tradisional dan lokal telah kehilangan komunitasnya baik di lingkungan perkotaan, pinggiran maupun pedesaan. Berbagai produk kecantikan dan salon-salon kecantikan merambah ke berbagai pelosok. Di samping itu wanita jaman sekarang sangatlah malu apabila ada kutu yang bersarang di mahkota rambutnya. Bagaimana tidak ? Karena kutu-kutu itu akan membawa petaka, yaitu mengurangi rasa percaya diri sekaligus mengurangi nilai kecantikannya. Bisa dibayangkan ketika tampil mempesona dalam sebuah kegiatan, tiba-tiba saja kutu-kutu tersebut usil, menggigit kulit kepala dan menghisap darah. Gigitan tersebut akan meninggalkan ekses gatal, dan tangan pun ikut kegatalan kalau tidak menggaruknya. Esensi dari ale' - selle’ adalah mencari biang penyakit yang ada di kepala. Bukan hanya mencari tetapi sekaligus memusnahkan sampai ke akar-akarnya... [DI] 


Photo Koleksi : berbagai Sumber
Previous
Next Post »
Thanks for your comment