Pesona Air Terjun Kokop Bangkalan

Selain Kabupaten Sampang yang mempunyai Air Terjun yang bernama Toroan, Bangkalan juga mempunyai Air Terjun yang tak kalah indahnya dengan air terjun di Sampang. Potensi Wisata Air Terjun tersebut berada di lokasi Desa Durjan Kecamatan Kokop ini mungkin masih belum banyak diketahui oleh masyarakat, karena memang informasi tentang air terjun ini masih belum diidentifikasi oleh Dinas terkait, sehingga diperlukan adanya kajian-kajian mengenai air terjun tersebut. 

Selain itu masih diperlukan adanya infrastruktur yang menunjang untuk menuju ke lokasi air terjun, karena selain lampu penerangan masih kurang, kondisi jalannya masih berbatu dan agak licin sehingga diperlukan ekstra hati-hati. 


Lokasi air terjun Durjan ini memang diakui cukup bagus pemandangannya, kiri dan kanan jalan terlihat hamparan bukit yang cukup mengundang kekaguman kita dan juga jarak antara rumah yang satu dengan yang lain cukup berjauhan sehingga kita bisa leluasa menatap panorama indah tersebut.


Dengan ketinggian sekitar 30 meter dari permukaan tanah, air terjun Durjan ini mengalirkan air yang sangat dingin sehingga hawa di sekitarnya menjadi sejuk. Bebatuan kecil, ganggang tanaman lumut serta akar pohon besar yang menerobos bebatuan semakin menambah Eksotisme air terjun ini. Namun cukup disayangkan jika banyak wisatawan lokal yang lebih memilih keluar dari Pulau Madura untuk medapatkan sensasi air terjun yang sebenarnya di Bangkalan sendiri juga ada. 


Maka dari itu diperlukan peran serta Pemerintah Daerah didalam upaya mefasilitasi sarana prasarana infrastruktur yang berupa jalan dan penerangan lampu menuju lokasi air terjun Durjan ini sehingga diharapkan nantinya akan memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Bangkalan, selain itu juga dapat membuka lapangan kerja baru dengan memanfaatkan peluang yang ada sehingga diharapan dapat menambah penghasilan tambahan bagi masyarakat setempat pada khususnya dan masyarakat Bangkalan pada umumnya .. [DI]


Photo Koleksi : Bangkalan Memory



Previous
Next Post »
Thanks for your comment