Tajin Sobih Jajanan Khas Bangkalan

Madura termasuk salah satu kota di Indonesia yang dikenal karena wisata kulinernya. Pulau Garam ini memiliki beraneka macam makanan tradisional yang khas. Salah satunya adalah Tajin Sobih. Cita rasa yang khas dan lezat mungkin hanya dapat ditemukan di Madura khususbnya di Kota Bangkalan.





Tajin Sobih merupakan jajanan khas Bangkalan yang mirip dengan bubur, hanya saja lebih spesial daripada bubur yang lainnya. Kita dapat menikmati beraneka ragam jenis bubur, aneka warna (merah coklat dan putih).



Tajin sobih juga sangat murah harganya, dengan hanya kurang lebih Rp. 2500,- kita sudah dapat menikmatinya. Kita juga dapat menemukan penjual tajin sobih tersebut di Pasar Senen Bangkalan, dan biasanya penjual tajin sobih tersebut tidak terlalu lama jam berdagangnya (hanya ada di waktu pagi sampai menjelang siang).





Dinamakan Tajin Sobih Karena penjual bubur di Pasar Bangkalan ini kebanyakan berasal dari Desa Sobih, di dekat Bangkalan, Jualan utamanya mirip bubur sumsum di Jawa, yaitu bubur dari tepung beras, santan yang dikentalkan, dan gula merah cair. Di samping itu, mereka juga menjual ketan hitam kukus yang dimakan dengan parutan kelapa, lopis, ongol-ongol, cenil, dan berbagai jajan pasar lainnya.




Seperti pernah kami kemukakan, bahwa makanan seperti ini merupakan local wisdom yang akan menyelamatkan kita dari krisis pangan. Sumber karbohidratnya tidak harus dari beras, melainkan dari berbagai umbi-umbian yang banyak tersedia dan mudah didapatkan... [DI]



Photo Koleksi : Bangkalan Memory



Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
6 Juni 2016 12.49 ×

itu tajin sobih dimana mas? saya waktu itu yang ada di burneh..

ini hasil huntingnya..

Tajin Sobih Bangkalan

Selamat Blogger Nusantara dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment