Sejarah SMP Negeri 1 Bangkalan

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bangkalan yang terletak di Jalan Trunojoyo No.2 Bangkalan merupakan lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional dan berdiri pada tahun 1937 dan beroperasi pada tahun 1951. SMP Negeri 1 Bangkalan ini berdiri di atas tanah seluas 1830 m2 .

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bangkalan, Propinsi  Jawa  Timur adalah sekolah  negeri  favorit  di  kecamatan  Bangkalan. Sekolah  ini  berada  berada tepat di jantung Kota Bangkalan, Prestasi sekolah ini mampu bersaing dengan sekolah lainnya. Berderet prestasi di bidang akademis dan non-akademis diraih oleh siswa-siswi sekolah ini.


Secara  demografis,  orangtua  siswa  bermata  pencaharian  sangat heterogen,  mulai dari pegawai  pemerintahan  (PNS),  pegawai  swasta  hingga pegawai  sektor  informal,  hal  ini dikarenakan  kecamatan  Bangkalan,  adalah kecamatan  yang  paling  dekat  dengan Surabaya,  sebagai  pusat perekonomian propinsi  Jawa Timur.


Kepedulian orang tua siswa  terhadap  eksistensi  sekolah  cukup tinggi. Pada umumnya orang tua siswa sangat memahami bahwa dalam rangka pengembangan  sekolah perlu kontribusi dan kerjasama yang optimal dari komite sekolah, khususnya orang tua siswa.

Sebagai sekolah tertua di kecamatan Bangkalan, dan dianggap sekolah favorit  oleh sebagian besar masyarakat Bangkalan, membuat sebagian besar lulusan Sekolah Dasar di kecamatan Bangkalan berlomba-lomba untuk masuk ke  sekolah ini.  

Hal ini cukup menguntungkan bagi sekolah ini untuk memilih siswa masukan (input) yang berkualitas baik. Dan dengan modal ini, sekolah tersebut lebih mudah mempertahankan kualitas sekolah dari masa ke masa. Dengan didukung oleh guru dan kepala sekolah yang profesional, sekolah yang memiliki visi “Terwujudnya sekolah berprestasi dilandasi Iman dan Taqwa”.  



Previous
Next Post »
Thanks for your comment