Proses Pemindahan Kereta Kayu CR Madura

Kilas balik tentang perkeretaapian di Bangkalan, bahwasannya dalam pelestarian sarana perkeretaapian Indonesia yang bernilai sejarah masih terus dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam hal ini Unit Pusat Pelestarian dan Benda Bersejarah. Salah satunya adalah proses evakuasi kereta kayu CR Madura (Dr I) yang berlokasi di Kompleks Dipo Kereta (KDK) Sidotopo Surabaya (27/04).

Kereta kayu yang dibuat pada tahun 1879 dan Mulai Dinas (MD) 27 – 05 – 1912 ini pertama kali dipakai oleh Perusahaan Kereta Api Swasta Madoera Stoomtram Maatschapijj (MS) sebagai kereta inspeksi. Dalam pemakaiannya kereta ini dipakai oleh Sultan Madura untuk inspeksi di lintas Madura.

Tahun 1985 kereta kayu ini ditemukan di Balai Yasa Kereta Api Kamal Madura dengan kondisi tertutup lumpur, Pada tahun tersebut juga kereta kayu tersebut dipindahkan dari Kamal (Madura) ke Sidotopo (Surabaya).











Pemindahan kereta kayu CR Madura ini dilaksanakan dari Sidotopo sampai dengan Ambarawa menggunakan kendaraan truck trailer. Rencananya kereta kayu CR Madura ini akan menjadi pajangan statis di Museum Kereta Api Ambarawa dan sebagai bahan edukasi mengenai sejarah kereta api di Pulau Madura. [DI]

Previous
Next Post »
Thanks for your comment