Benteng Cakraningtrat IV di Tanjoeng Piring Bangkalan

Seiring dengan seringnya terjadi perlawanan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya maka pada tahun 1706 ada sebuah acara penandatanganan kesepakatan antara VOC saat itu Gubernur Jenderalnya adalah Joan van Hoorn yang memerintah tahun 1704–1709, dengan Pakubuwono I.

Setelah penandatanganan perjanjian tersebut, East India Company membangun benteng kayu kecil di Bangkalan Residency, di pantai barat Pulau Madura tepatnya di Tandjoeng Piring...(Lokasi sekarang adalah Bunker Jepang) (Knaap, 2007:429)

Pada awalnya tujuan pembangunan benteng tersebut di pesisir barat Madura/Bangkalan ini hanyalah untuk mengamankan jalur/rute pelayaran kapal dagang VOC yang akan masuk dari arah Selat Madura sisi Barat dari gangguan "Perompak/Bajak Laut" (sisa-sisa pasukan Trunojoyo) menurut versi mereka (Belanda).

Namun ketika pada tahun 1745 dimana pasukan Cakraningrat IV berhasil dikalahkan, dan Cakraningrat IV ditangkap yang kemudian diasingkan di Pulau Robben Afrika Selatan, maka dipandang perlu untuk memperkuat pertahanan di benteng ini sehingga direnovasi dari awalnya berupa benteng kayu, menjadi benteng batu yang dijaga oleh 20 prajurit di bawah pimpinan seorang letnan Eropa (Abbas, 2001:62-63).


Pada masa pendudukan Jepang tahun 1942, benteng kecil tersebut hancur dan diganti dengan bunker serta bangunan lainnya sesuai dengan kepentingan Militer Jepang, kecuali Bangunan Tower Navigasi memang sengaja dibiarkan oleh Jepang mengingat fungsinya masih dibutuhkan untuk pengintaian. Belum ada data pasti tentang tanggal pembangunan bunker tersebut. Sepanjang pengamatan, di lokasi tersebut terdiri dari 14 bastion (bangunan militer) baik yang masih utuh maupun yang rusak. 14 bangunan tersebut memiliki fungsi tersendiri seperti pusat pembangkit listrik, gudang senjata/amunisi, pengintaian, barak, docking alat angkutan laut dan ruang pertemuan.... [DI]


PETA LOKASI



ADAPUN FUNGSI DARI MASING-MASING BASTION ANTARA LAIN :

BUNKER 1

Tempat pembangkit tenaga listrik (Genset)

BUNKER 2

Lokasi pengintaian dan pertahanan

BUNKER 3

Tempat Pertahanan

BUNKER 4

Tempat Pertahanan

BUNKER 5

Tempat Penjagaan

BUNKER 6

Tempat Pertahanan

BUNKER 7

Pos Penjagaan

BUNKER 8

Tempat Penyimpanan Senjata/Amunisi

BUNKER 9

Tempat Logistik

BUNKER 10

Pertahanan / Perlindungan

BUNKER 11

Headquarter / Markas

BUNKER 12

Barak Prajurit

BUNKER 13

Pertahanan

BUNKER 14

Docking Alat Angkutan Laut
Video Benteng Tjakraningrat IV Tanjoeng Piring Bangkalan



Disusun Oleh :


Hidrochin Sabarudin


Indra Bagus Kusuma


Raden Mas Achmad Syafii




Photo Koleksi : Bangkalan Memory


0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: