Minggu, 02 November 2014

Rumah Kediaman R.A Sosro di Poetro di Bangkalan

Kediaman R.A Sosro di Poetro, yang merupakan salah satu keturunan atau cucu dari Sultan R. Abd. Kadirun dari seorang selir yang bernama Ratu Wetan (Rd. Ayu Saina). 

Kondisi bangunan rumah dan musholla sampai sekarang masih terawat baik dan dipelihara oleh penerus dari garis keturunan R.A Sosro di Poetro meskipun dengan biaya dari gaji pensiunan yang pas-pasan.





Interior dan meubeler kebanyakan masih orisinil dimana kita jumpai didalamnya berupa mesin jahit, meja kursi, piring keramik china dan tempat tidur antik. Salah satu meja marmer bulat besar di serambi depan merupakan peninggalan jaman VOC. Demikian pula lantai ubin juga tetap tidak ada yang diganti, termasuk sebuah gentong yang masih berfungsi.











Di lokasi tersebut kita jumpai sebuah kelbung yang merupakan tempat untuk menyaring air minum yang kemudian dari tetesan air tersebut di tadahi sebuah kendi. Sayangnya kelbung tersebut sudah tidak bisa berfungsi lagi dikarenakan bocor.


Menurut informasi yang kami dapat dari Ibu R. Aju Siti Maryam yang merupakan mantan TU di SMA Negeri 2 Bangkalan ini, bahwa beberapa tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1984, rumah tua tersebut pernah dijadikan setting lokasi syuting Film Carok yang dibintangi Barry Prima dan Advent Bangun.



Kediaman R.A Sosro di Poetro ini berada di jalan KH. Moh. Kholil atau tepatnya di belakang MCafe Bangkalan, dimana di lokasi tersebut terdapat sebuah mushalla dimana menurut catatan sejarah di Helper berbahasa Belanda setelah ditranslate tertulis 1743 Tahun Jawa atau Tahun 1815 Masehi. Hingga kini bangunan tersebut masih terawat dan terjaga dengan baik tanpa perubahan sama sekali.

Selain bangunan Mushalla, disana juga kita dijumpai kandang kuda (istal) meski sekarang sudah direnovasi menjadi kamar-kamar.






Musholla berada di samping rumah kediaman R.A Sosro di Poetro dimana musholla tersebut dari struktur bangunannya memang sangat kokoh walaupun sudah terkikis oleh jaman, hal ini dilihat dari pilarnya serta susunan batu yang tertata menyamping sehingga kelihatan lebih tebal dan kokoh meskipun diterpa oleh badai sekalipun.






Di rumah tersebut juga terdapat beberapa pilar kokoh yang fungsinya untuk menyangga balok-balok atap agar bisa menahan beban yang berada di atasnya sehingga menjadi penentu dari kekuatan di rumah tersebut. Meskipun rumah tersebut sudah dikatakan tua namun masih unggul kalau dibandingkan dengan struktur bangunan di jaman sekarang.




Video Rumah Kediaman R.A Sosro di Poetro di Bangkalan :


Demikian sepintas menganai rumah kediaman R.A Sosro di Poetro ini, mudah-mudahan apa yang kami sajikan ini bisa menambah wawasan bagi kita sehingga bisa menambah kepedulian kita terhadap peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Kota Bangkalan tercinta. Kami sadar sepenuhnya bahwa apa yang kami sajikan ini masih jauh dari kata "Sempurna", sehingga kami harapkan dari sumbang pikiran dari Pemerhati Bangkalan Memory sehingga dapat melengkapi data-data yang belum lengkap tersebut... [DI]


Photo Koleksi : Bangkalan Memory
Sumber Inspirasi : R. Aju Siti Maryam, Hidrochin Sabarudin, Indra Bagus Kusuma, R. Mas Achmad Syafii dan Cahya Ilahi
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © BANGKALAN MEMORY | Powered by Bangkalan Memory Design by Bang Memo | Kilas Balik Bangkalan Tempo Dulu