Asal Usul Desa Pamorah Tragah Bangkalan

Desa Pamorah adalah Desa yang terletak paling Utara diantara desa-desa lain yang berada di Kecamatan Tragah. Sebelum desa itu disebut Pamorah Desa tersebut terdiri dari tiga desa yaitu Desa Pancor, Desa Nyamokan, dan Desa Bettarah. Ketiga Desa tersebut belum mempunyai pemerintahan desa dan belum ada Kepala Desanya (dalam bahasa maduranya klebun). 

Dalam dengan keadaan seperti itu awal mulanya Desa Pancor ingin mengadakan Pemilihan Kepala Desa (Klebun) dari beberapa tokoh masyarakat yang mencalonkan, ternyata Mbah Djubas terpilih menjadi Kepala Desa di desa Pancor tersebut. Dengan terpilihnya Mbah Djubas menjadi Kepala Desa di Desa Pancor, keadaan kehidupan masyarakat menjadi tenteram dan makmur karena berkat kepiawaian dan kecerdasan dari Kepala Desanya yaitu Mbah Djubas.


Desa Bettarah yang pada saat itu belum mempunyai Kepala Desa masyarakatnya sepakat mengadakan Pemillhan Kepala besa, banyak dari Tokoh Masyarakat Desa Bettarah yang mencalonkan. Mbah Djubas yang pada waktu Pemilihan Kepala Desa Bettarah melihat jalannya Pemilihan oleh sebagian warga diusulkan untuk dicalonkan juga menjadi Kepala Desa Bettarah, karena masyarakat Desa Bettorah sudah tahu kepandaian Mbah Djubas maka dalam Pemilihan tersebut Mbah Djubas memenangkan Pemilihan Kepala Desa, sehingga Mbah djubas juga diangkat menjadi Kepala Desa Bettarah. 

Demikian juga Desa Nyamokan juga belum ada pemerintahan desa dan Kepala Desanya, untuk itu warga masyarakat banyak yang mengusulkan supaya terbentuk Pemerintahan Desa dan mengadakan Pemilihan Kepala desa. Ternyata dari penjaringan calon dan usulan warga masyarakat, Mbah Djubas juga ikut dicalonkan menjadi Kepala Desa Nyamokan, dan ternyata dalam Pemilihan tersebut Mbah Djubas juga memenangkan pemilihan sehingga beliau menjadi Kepala Desa di Desa Nyamokan. 

Karena Mbah Djubas menjadi Kepala Desa di tida desa : Pancor, Bettarah dan Nyamokan, maka dari kesepakatan tokoh dan warga masyarakat pada waktu itu desa tersebut dijadikan satu desa yang bernama Desa Pamorah singkatan dari Pancor, Nyamokan dan Bettarah. Sampai sekarang desa tersebut dikenal dengan nama Desa Pamorah.. [DI]


Oleh : Indra Bagus Kusuma
Photo Koleksi : Bangkalan Memory



2 komentar: