Sisi Lain dari Kediaman Kapiten Tan Kuang Pang di Bangkalan

Rumah kediaman Kapiten Tan Kuang Pang yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto Bangkalan ini memang menarik untuk di informasikan, karena selain merupakan seorang Tokoh pimpinan orang Tionghoa di Bangkalan pada masa penjajahan Belanda, bangunan ini ternyata merupakan bangunan yang dipergunakan untuk aktivitas yakni Pendidikan dan Usaha Kecil (pabrik roti dan es lilin).

PENDIDIKAN

Rumah kediaman Kapiten Tan Kuang Pang khususnya bagunan di sebelah Selatan, sekitar tahun 1965-1970 an pernah digunakan untuk Sekolah Dasar Negeri Kapitan. Dimana pada waktu itu Kepala sekolahnya bernama Atmo Sasmito.

Bangunan yang dijadikan Sekolah Dasar Negeri Kapitan

Sekolah tersebut memang tidak bertahan lama, hal tersebut disebabkan kekurangan anak didik, yang pada akhirnya di kisaran tahun 1970an Sekolah Dasar Negeri Kapitan dibubarkan, sedangkan anak didiknya di pindahkan ke Sekolah Dasar Negeri Morkembhang yang akhirnya menjadi cikal bakal dari Sekolah Dasar Pedjagan 1 dan Sekolah Dasar Pedjagan 2 Bangkalan sampai sekarang. 

USAHA KECIL

Bangunan lainnya ternyata diperuntukkan sebagai tempat usaha, dimana bangunan depan terdapat 2 tempat yakni :

Bangunan depan di sebelah Barat, digunakan untuk pembuatan roti / pabrik roti di tahun 1965. Roti tersebut dipasarkan selain di kota Bangkalan juga dipasarkan di dartah Ketapang Sampang. Namun pada tahun 1977 pabrik ini tidak bertahan lama, karena pabrik roti tersebut harus gulung tikar karena kendala modal.

Bangunan yang dijadikan Pabrik Roti

Tungku pemanas
Termos yang digunakan waktu berjualan Es Lilin

Pedagang Es Lilin memasarkan dagangannya

Di Sebelah Timurnya digunakan sebagai tempat usaha pembuatan Es Lilin yang memakai Sojjin. Es tersebut di jajakan keliling kota dengan menggunakan termos oleh si pedagang es dengan cara di pikul dan memang pada saat itu es lilin tersebut sangat digemari oleh anak-anak sekolahan di Kota Bangkalan sekitar tahun 1970an, namun pada akhirnya Es lilin tersebut gulung tikar karena kalah bersaing dengan yang lainnya.

Bangunan yang digunakan pembuatan Es Lilin

Untuk bangunan yang menghadap Timur (lokasi sebelah Barat) digunakan sebagai tempat untuk para pekerja dan pelayan di Rumah Kediaman Kapiten Tan Kuang Pang. Namun seiring perjalanan waktu usaha kecil tersebut (Pabrik roti dan Es Lilin) tidak mungkin dilanjutkan lagi, akhirnya para pekerja baik pabrik roti maupun es lilin terpaksa di berhentikan karena sudah tidak ada aktivitas lagi sedangkan para pelayan masih tetap dipertahankan.

Bangunan yang dijadikan tempat istirahat bagi pekerja dan pelayan

Demikian seputar Kediaman Kapiten Tan Kuang Pang di Jalan Jaksa Agung Suprapto Bangkalan, kami tahu banyak kekurangan dari artikel diatas namun demikian kami berusaha untuk memberikan informasi kepada Pemerhati Bangkalan Memory mengenai Sisi lain di Rumah Kediaman Kapiten Tan Kuang Pang sehingga mendapatkan wawasan baru tentang aktivitas-aktivitas yang dilakukan di bangunan sejarah tersebut... [DI]


Oleh : Indra Bagus Kusuma
Photo Koleksi : Bangkalan Memory


Previous
Next Post »
Thanks for your comment