Asal Usul Desa Bandasoleh Kokop Bangkalan

Pada jaman dulu kala, di sebuah daerah yang termasuk dalam Kerajaan Bangkalan terdapat sebuah tempat/daerah dimana masyarakatnya terkenal dengan sabung ayamnya dan daerah tersebut waktu itu masih belum ada namanya. Tidak ada seorangpun yang dapat mengalahkan ayam jago dari daerah tersebut. Setiap ada orang asing yang ikutan dalam sabung ayam tersebut, maka sang ayam jago milik orang asing tersebut pasti kalah.

Sehingga pada suatu hari terdapat seorang pemuda yang agak waras kejiwaannya tapi dia memiliki kelebihan yang luar biasa dan dia mempunyai seekor ayam jago. Ketika sang pemuda berkeinginan untuk mengikuti acara sabung ayam di pesisir utara Pulau Madura yang mempartarungkan ayam jago dari para bangsawan-bangsawan. 


Waktu itu setelah beberapa kali ditandingkan ayam pemuda tersebut selalu menang dan dengan mudah mengalahkan ayam-ayam dari para bangsawan, maka dibertanyalah dia "Dhari dhimmah asallah kakeh cong" (dari mana asal kamu cong), kemudian si pemuda tadi tidak bisa menjawab karena dia bingung dan tidak tahu nama daerahnya, namun dia hanya tersenyum dan kelihatan satu yang gingsul (bahasa maduranya "saleh"). 

Karena berbekal hanya senyum saja dan giginya yang gingsul selalu kelihatan maka ada salah satu bangsawan berkata "Cong Dhanna". Maka sejak itu daerah tersebut diberi nama Desa Bandasoleh yang artinya “Bermodalkan Senyum yang kelihatan gingsul”.... [IDR]


Sumber : Pembakuan Nama Rupa Bumi Kabupaten bangkalan Tahun 2012
Koleksi Photo : Berbagai Sumber
0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: