Asal Usul Desa Tlokoh Kokop Bangkalan

Pada jaman dahulu kala di Kerajaan Bangkalan tersebutlah 3 orang tokoh yang sedang berguru. Sang guru memberikan suatu ilmu kepada ke 3 tokoh tersebut, namun untuk menjadi sempurna ilmu tersebut,  syaratnya ketiga tokoh tersebut harus mendapatkan kuku harimau. Karena dengan kuku harimau tersebut maka ilmu yang diperoleh menjadi sempurna... [DI]

Atas kemauan ketiga tokoh tersebut, maka berangkatlah 3 tokoh itu mencari harimau. Setelah sekian lama mencari, ke 3 tokoh tersebut mendengar kabar ada seekor harimau yang sedang mengamuk di subuah desa. Maka berangkatlah ke tiga tokoh tersebut ke desa yang dimaksud untuk membunuh harimau tersebut demi kesempurnaan ilmu yang mereka punya.

Akhirnya 3 tokoh tersebut melihat seekor harimau mengamuk dan kelaparan masuk ke wilayah pemukiman yang letaknya dikelilingi hutan yang lebat, kemudian tiga orang tokoh tersebut saat itu coba mengusir harirnau tetapi tidak berhasil malahan terjadi pertarungan sengit antara tiga orang tokoh tersebut dengan harimau. 

Perlawanan dari tiga tokoh tersebut sangat sengit tetapi belum juga bisa mengalahkan harimau itu dan saat itu tidak sengaja salah satu tokoh ingin menebas tangan harimau tetapi malah yang kena tiga kuku (tello' kokoh) harirnau yang patah sekaligus merupakan kelemahan dari si harimau, sehingga harimau itu mati. 

Tiga Tokoh tersebut akhirnya memotong kuku harimau tersebut sehingga ke tiga tokoh tersebut bisa menyempurnakan ilmu yang diberikan oleh gurunya. Jadi asal dari Desa Tokoh menurut keterangan dari sesepuh setempat berasal dari kata "Tiga Tokoh dan Tiga Kuku" yakni dalam Bahasa Madura "Tello' Tokoh dan Tello' Kokoh" gampangnya Tlokoh... [IDR]


Sumber : Pembakuan Nama Rupa Bumi Kabupaten bangkalan Tahun 2012


0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: