Kamis, 13 November 2014

"MUHAMMAD IRSYAD" Tokoh Seni dan Budaya Madura Barat

Dilahirkan tahun 1934 disebuah kampung kecil Lebak, Desa Pangeranan Bangkalan Madura. Pada tahun 1957 Beliau menikahi seorang gadis bernama Maisura dan mempunyai sembilan anak antara lain : Indrayati, Iwan Triyuwono, Harlina Pujiati, Widya Susanti, Yasna Murtiwalita, Adrian Pawitra, Yusran Abadi, Candra Aditya dan Intan Pratiwi. 



Banyak orang mengenal Beliau sebagai guru Bahasa Inggris dan seniman pencipta lagu dan Budayawan, namun tidak banyak orang yang mengetahui kalau beliau sebenarnya adalah ahli dalam sistem pemeliharan dan penyimpanan peluru kendali di Arsenal Batuporon Kamal Bangkalan, sesuai dengan ilmu yang diperoleh selama study di Kota Beograd Yugoslavia pada tahun 1965-1966. Selain itu beliau juga dikenal sebagai ahli bahasa dengan menguasai 6 bahasa asing (Arab, Inggris, Yugoslavia, Germany, Perancis, Belanda), juga sebagai penulis naskah cerita, penulis tentang seni dan budaya Madura, dan sutradara. 


Lagu Madura ciptaannya berjumlah 190-an, yang cukup terkenal antara lain : Pangèsto, Bâ’-ambâ’ân, Ti’-tuti’, Sataon Apèsa dan Tapangghi Polè. Beliau meninggal dunia dikarenakan serangan jantung pada tahun 1994 dan dimakamkan kompleks pemakaman umum Mlajah di Desa Mlajah Bangkalan. 

Adapun karya-karya khusus dibidang musik adalah sebagai berikut :
  1. Mencipta lagu-lagu hiburan dalam acara pameran lagu-lagu di RRI Studio Surabaya, tahun 1960.
  2. Mencipta lagu Mars Siswa Bidan Bangkalan.
  3. Mencipta lagu Mars SKP Bangkalan.
  4. Pemenang lomba mencipta Lagu Mars Ganefo (Jawa Timur)
  5. Mencipta lagu-lagu berbahasa Yugoslavia, diantaranya adalah “Nije poslednja noć” (Bukan Malam Terakhir).
  6. Mencipta lagu-lagu berbahasa Inggris.
  7. Mencipta lagu-lagu pop dan keroncong.
  8. Mencipta lagu-lagu pop Madura dan tradisional Madura.
  9. Menggubah lagu-lagu rakyat Madura
  10. Mencipta lagu MARS AISIYAH (Nasional), syair ditulis M. Diponegoro, tahun 1978.
  11. Pemenang ke III (Juara I dan II tidak ada), sayembara penulisan naskah musik diatonis tahun 1978/1979 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Kesenian Dep. P&K Jakarta, judul lagu “Tanah Pujaan”.
  12. Pemenang ke I dan III lomba mencipta lagu Pop daerah Jawa Timur, tahun 1989 yang diselenggarakan oleh RRI – TVRI Propinsi Jawa Timur, Judul lagu : Bâ’-ambâ’ân dan Ḍung-enḍung Ana’.
  13. Pencipta Lagu Mars dan Hymne Universitas Bangkalan Madura, tahun 1987.
  14. Juara lomba Cipta Lagu Anak-anak Tingkat Nasional, tahun 1987/1988, judul lagu “Bersih Lingkungan” (dinyanyikan oleh Iin parlina Bimbo).


Oleh : Adrian Pawitra
Photo Koleksi : Adrian Pawitra


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © BANGKALAN MEMORY | Powered by Bangkalan Memory Design by Bang Memo | Kilas Balik Bangkalan Tempo Dulu