Motif Batik Tanjung Bumi Bangkalan

Tanjung Bumi merupakan salah satu Sentra Batik Tulis Madura yang terdapat di Kabupaten Bangkalan dimana batik Tanjung Bumi sudah cukup terkenal baik Lokal, Regional maupun Internasional. 

Jarak antar Kota Bangkalan dengan Tanjung Bumi adalah kurang lebih 50 km ini terletak di daerah pesisir pantai sehingga memiliki ciri khas dalam gaya dan motif batik karena dipengaruhi faktor alam (pesisir) yaitu terlihat dari warna-warna yang berani dan desain atau corak yang bebas.

Cara atau proses pembatikan serta karakteristik tanah dan air di daerah Tanjung Bumi juga menjadikan keunikan batik dari daerah ini yang lain dari yang lain.

Keistimewaan yang lain dari Batik Madura dari Tanjung Bumi adalah warnanya akan lebih cerah dan bagus  justru setelah beberapa kali dicuci. Makanya tidak heran banyak motif batik tulis dari Tanjung Bumi yang harganya lebih mahal daripada batik Madura daerah lain.

Batik yang cukup terkenal di Tanjung Bumi adalah batik gentongan. Harganya juga cukup mahal. Batik Gentongan mempunyai nilai yang mendalam dalam tradisi Madura. Mengapa disebut batik Gentongan? Karena proses pewarnaannya dilakukan dengan cara merendam kain batik tersebut kedalam wadah berupa gentong pada saat proses pembuatannya. Proses perendaman dilakukan untuk proses pewarnaan juga untuk menghilangkan sisa malam juga agar supaya warnanya lebih awet dan tahan bertahun-tahun.

Itulah sebabnya mengapa Batik Gentongan ini mahal karena walaupun umurnya puluhan tahun warnanya tetap awet seperti baru dan juga walaupun batik Gentongan ini terbuat dari kain katun tapi harganya bisa jauh lebih mahal daripada batik Madura yang terbuat dari kain sutera. Desain gambar atau motif yang dibatik pada sehelai kain itu murni hasil kreasi dan imajinasi para pembatik itu sendiri. 

Jadi seolah-olah menggambarkan perasaan, hati dan pikiran mereka ke dalam wujud "Cita Rasa Dalam Karya". Diantara motif tersebut juga terdapat juga motif lama yaitu motif asli atau tradisional Madura, tetapi saat ini motif Batik Madura juga mulai mengikuti selera pasar dengan bermotif modern yaitu dengan membuat beberapa motif yang dijadikan satu (motif kombinasi)

Adapun motif-motif Batik Tanjung Bumi antara lain sebagai berikut :

Motif Batik Tanjung Bumi 1-10

Motif Batik Tanjung Bumi 11-20




Motif Batik Tanjung Bumi 21-30

Motif Batik Tanjung Bumi 31-40

Motif Batik Tanjung Bumi 41-50

Motif Batik Tanjung Bumi 51-60

Motif Batik Tanjung Bumi 61-70

Motif Batik Tanjung Bumi 71-80

Motif Batik Tanjung Bumi 81-90

Motif Batik Tanjung Bumi 91-100

Motif Batik Tanjung Bumi 101-110

Motif Batik Tanjung Bumi 111-120

Motif Batik Tanjung Bumi 121-130

Motif Batik Tanjung Bumi 131-134

Video Motif Batik Tanjung Bumi Bangkalan :


Demikian beberapa rangkaian motif batik Tanjung Bumi yang dapat kami sajikan, kami menyadari masih banyak motif batik di Tanjung Bumi yang belum kami informasikan karena motif batik Tanjung Bumi terdapat ribuan motif batik, namun mudah-mudahan ini semua bisa mewakili motif-motif yang belum bisa kami sajikan... [DI]


Photo Koleksi : Disperindag Kabupaten Bangkalan dan Bangkalan Memory


0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: