Pesona Pulau Gili Labak Sumenep

Keindahan Panorama Pulau Gili Labak, Desa Kombang Kecamatan Talango Sumenep, Madura, memang sulit ditemui di daerah lain. Untuk sampai ke sana, para pengunjung perlu menyeberang ke pulau Poteran Kecamatan Talango melalui pelabuhan Kalianget, Sumenep.

Dari pelabuhan Kalianget, bisa naik kapal tongkang dengan jarak tempuh sekitar 20 menit, kemudian sesampainya di Kecamatan Talango, langsung menuju Desa Kombang dengan jarak tempuh sekitar 40 menit.


Dari Desa Kombang, para penalayan sudah siap menyewakan perahu layar mesin antara Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu. Lalu, berlayar ke pulau Gili Labak dengan jarak tempuh kurang lebih satu jam.

Dari kejauhan, sudah dapat melihat indahnya pulau Gili Labak, Desa Kombang, Kecamatan Talango. Hamparan pasir putih dan ribuan pohon kelapa, terasa sejuk dan sulit djumpai di daerah lain. Ditambah dengan keindahan terumbu karang dan warna warni ikan di laut. Cukup menakjubkan memang, karena  air lautnya sangat jernih.

Pulau kecil yang juga dikenal dengan pulau tikus ini, mempunyai luas 5 hektare, dan dihuni sekitar 35 kepala keluarga atau 100 jiwa lebih, yakni perempuan 58 orang dan laki-laki hanya 36 orang dan selebihnya masih usai sekolah.

Sudah banyak pengunjung dari luar daerah yang menyebarang dari pulau dewata Bali. Bahkan dari manca negara juga menyempatkan diri untuk menikmati keindahan salah satu Pulau di ujung Timur Pulau Garam Madura ini. Pulau ini juga cocok untuk lokasi selam dasar maupun selam profesional (scuba diving).

Para pengunjung juga bisa menikmati buah kelapa muda yang dibeli pada warga setempat. Selamat Menikmati Pulau Gili Labak...


Sumber : Berbagai Sumber


Previous
Next Post »
Thanks for your comment