Makam Ki Demang Mlojo Kusumo di Bangkalan

Dalam penelusuran yang kami lakukan terhadap sebuah makam di kawasan Perumahan Lavender Bangkalan yang diduga kuat merupakan sebuah makam dari seorang yang mempunyai peranan penting di dalam sejarah Bangkalan.. [DI]


Di bagian depan areal makam tersebut terdapat sebuah pintu gerbang yang cukup besar (namun sayang kondisinya sudah berantakan) yang menunjukkan bahwa makam tersebut merupakan makam seorang bangsawan besar.




Begitu masuk areal pemakaman tersebut suasana sakrar yang kami rasakan di tempat tersebut karena tempat tersebut terdapat sebuah pohon beringin besar yang sudah tua dan tentunya beberapa makam tua yang ada di tempat tersebut.





Hanya sayang sebagian makam tersebut batu nisannya sebagian sudah diganti dan hanya makam-makam yang dirasa penting masih utuh dan belum berubah. Makam itulah yang diduga kuat makam dari Ki Demang Mlojo Kusumo atau RAA. Mlojo Kusumo yang merupakan putra Sultan R. Abdul Kadirun yang ke 28.

Hal ini berdasarkan sebuah Peta Kota Bangkalan tahun 1882 dimana rumah kediaman Ki Demang Mlojo Kusumo tersebut berada tidak jauh dari makam Beliau di daerah Kelurahan Mlajah Kecamatan Bangkalan.









Video Makam Ki Demang Mlojo Kusumo di Bangkalan :




Jadi dari serangkaian yang kami lakukan dari mulai prosesing pembukaan kain kafan hingga melakukan analisis maka dapat disimpulkan bahwa makam tersebut adalah makam dari Ki Demang Mlojo Kusumo atau RAA Mlojo Kusumo yang merupakan putra dari Sultan R. Abdul Kadirun yang ke 28 dan Bukan Mlojo Kusumo Ayahanda dari Trunojoyo. 


Oleh : Indra Bagus Kusuma
Photo Koleksi : Bangkalan Memory
0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: