Video Penambang Batu Madu Madura Anti Racun


Setelah menelusuri perbukitan dikampung Kolpoh Desa Ba'engas Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan bersama dan ditemani oleh Stekjen Dewan Adat Madura KH Amin Nawani dan Aparat Sekretaris Desa Ba'engas Moh. Djamil, kami tiba dilokasi tersebut sekitar pukul 21.00 WIB.

Terlihat para penambang batu sedang bergelut dengan batu-batuan dibukit yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Bukit Bhawono sebetulnya diambil dari nama seorang Tokoh Penyebar Agama Islam didaerah tersebut yang bernama SING ALAKSONO/SINGOLAKSONO adalah Cucu dari Putro Manggolo Anom dari Putranya yang bernama Ardiba (dikenal sebagai Adi Pati Bupati Bhang Kulon) Ardiba adalah Tokoh pembaharuan dizamannya dengan diberi sebidang tanah yang kemudian daerah itu dikenal dengan nama daerah "Larangan" (daerah yang terlarang) di sekitar Desa Bunajih - Ba'engas - Bringen dan Sukolilo Timur Kecamatan Labang sebagaimana yang divisualisasikan ini.

Harapan kami dengan  terdokumentasinya kegiatan ini bukan semata-mata karena saat ini lagi booming Batu Akik, namun daerah tersebut adalah perbukitan Batu yang tidak memungkinkan ditanami sejenis Palawija apalagi tanaman padi...!!!

Berikut ini cuplikan Video Penambang Batu Madu Madura Anti Racun :


0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: