Asal Usul Desa Keteleng Kecamatan Tragah Bangkalan

Pada zaman dahulu lokasi ini masih berupa hutan yang lebat yang berupa kayu-kayu hutan yang besar-besar, karena kayu-kayu yang besar tadi tidak ada yang menebang sampai sekitar lokasi ini sudah bermunculan pemukiman penduduk, daerah ini belum ada yang berani untuk di jadikan tempat tinggal.




Dengan bertambahnya jumlah penduduk disekitar hutan ini maka kebutuhan bahan untuk membuat tempat tinggal semakin sulit, dan pada akhirnya masyarakat sekitar mulai berani menebang kayu-kayu besar tadi untuk dijadikan bahan pembuat rumah. Karena jenis kayu yang ada di hutan Ini sangat keras dan berat akhimya warga yang mau menebang mengurungkan niatnya.


Hari bertambah hari, bulan bertambah bulan dan tahun bertambah tahun, akhirnya jumlah penduduk dlsekitar hutan ini semakin bertambah banyak. Demikian juga kebutuhan akan tempat tinggal dan ladang untuk keperluan akan kehidupan mereka sangat dibutuhkan.

Akhirnya semua warga sepakat membabat hutan tersebut untuk dijadikan tempat tinggal dan ladang untuk bercocok tanam. Karena jenis kayu dlhutan ini sangat keras, kuat dan berwama hitam maka setelah dibabat dan menjadi desa dinamakan Desa Keteleng yang dalam bahasa Madura berasal dari kata "Kayu Hitam/Celleng".


Sumber : Pembakuan Nama Rupa Bumi Kabupaten Bangkalan Tahun 2012
0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: