Titik 0 Kilometer Kota Bangkalan

MYLPAAL berasal dari bahasa Belanda. MYL artinya satuan hitung. PAAL artinya tanda jarak atau titik. Titik 0 Km merupakan sebuah lokasi dimana jarak tradisional diukur sebagai penentu jarak suatu daerah, maka daerah tersebut menetapkan 0 Km yang menjadi titik sentral. 

Keberadaan titik nol kadang kala tidak bisa dilepaskan dari sisi historis yang melekat pada suatu kota. Oleh karenanya, tidak jarang kita menjumpai penanda "Zero Point" di beberapa daerah berupa bangunan, simbol, monumen, patok atau situs-situs bersejarah lainnya.


Titik 0 Km Kota Bangkalan pada tahun 1930

Titik 0 Km sebagai penanda "Zero Point" jarak di Bangkalan tahun 2016

Titik 0 Km di bangun oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1900an

Titik 0 Km Kota Bangkalan Tahun 2016

Titik 0 Km dibangun oleh Pemerintah Belanda diantaranya meliputi daerah strategis atau pusat perekonomian, pusat pengiriman surat, pelabuhan atau alun-alun yang biasanya ramai oleh masyarakat.

Jika kota-kota lain di Indonesia memiliki titik 0 Km, bagaimana dengan Bangkalan?
Kota Bangkalan juga memiliki titik 0 Km yakni berada di pusat perekonomian "Chinnes Town" atau Pecinan dibagian Utara. Titik 0 Km tersebut dibangun oleh Pemerintah Belanda Belanda pada kisaran tahun 1900an ketika sedang pembuatan jalan Pecinan.

Adapun jarak antar Kecamatan di Kabupaten Bangkalan antara lain sebagai berikut :

Jarak Antar Kecamatan (Km) di Kabupaten Bangkalan

Mudah-mudahan para Pemerhati Bangkalan Memory bisa menambah wawasan serta mengetahui tentang Titik 0 Km yang ada di Kota Bangkalan.


Oleh : Indra Bagus Kusuma
Photo Koleksi : Bangkalan Memory

Previous
Next Post »
Thanks for your comment