"Pe sapean", Jajanan Khas madura

Bagi masyarakat Bangkalan, pasti sudah mengenal dengan Jajanan yang bentuknya unik dan sangat khas dengan tradisi di Pulau Madura, ya betul sekali.. jajanan tersebut bernama "Pe Sapean". Pe Sapean merupakan jajanan tradisional yang diolah dan dibuat mirip dengan Sapi Kerap lengkap dengan kelelesnya. 

Jika anda pernah menikmati jajanan ini, berarti anda termasuk orang yang beruntung. Sebab jajanan sejak tahun 70an ini kini mulai jarang kita jumpai. Ketika itu jajanan tersebut sangatlah laris terutama dikalangan anak-anak, karena selain harganya relatif murah, juga bentuknya memang menarik.

Jajanan Pe Sapean memiliki tekstur keras, sehingga kita akan mendapatkan sensasinya kalau kita memakan jajanan tersebut. Jika anda pernah menikmati jajanan ini, berarti anda termasuk orang yang beruntung.



Adapun resep dari Jajanan Pe Sapean ini adalah sebagai berikut :

Bahan : 
Tepung Beras/Tepung Gaplek
Gula Gentong/Gula Merah
Pewarna makanan
Wijen

Cara Membuat :
Tepung Beras dicapur Gula Merah lalu aduk sampai rata, setelah itu kita bentuk menjadi Pe Sapean dan beri warna pada badan sapi atau bagian-bagian yang perlu diwarnai selanjutnya taburi sedikit wijen agar jajanan tersebut lebih menarik. Setelah itu lalu di oven/panasi sehingga Pe Sapean akan menjadi keras. 


Di daerah Bangkalan, jajanan ini sekarang sudah jarang kita temui, meskipun ada hanya didaerah tertentu saja (pasar kesorjan) dan penjualnyapun sekarang sudah tua. Bagaimana pun juga inilah Jajajan Tradisional Khas warisan leluhur kita yang hanya bisa dijumpai di Madura tercinta.
0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: