Kilas Balik Monumen Kerapan Sapi di Kamal Tahun 1976

Terinspirasi lari kencangnya Sape Kerrab "Se Bhellis" dari Perreng-Burneh memang hebat dikala itu Jokey bernama "SULI" yang perawakan tubuhnya kecil sehingga memungkinkan semakin ringan beban yang dibawa.

Kala itu nomor Klelesnya 18 bahkan alm. Pak Irsyad sempat membikin/mencipta lagu Judulnya "SE BHELLIS" yang punya sapi saat itu adalah Mak Ebhun Perreng se Seppo (sorry kalep Asmana) by the way lebih kesohor Jokeynya daripada pemilik sapi.

Dari Inspirasi Se Bhellis tersebut Pak Soemadji guru Kesenian SMAN 1 Bangkalan yang telah menginjakkan kakinya di Madura pada tahun 1959 bersama "Tim Kreatif" diantaranya H.Moh. Dahlan (mantan Wabub Sumenep), Pak Mas Mauridi, Pak Yeyek (H. M. Sjarifoedin guru SMPN 1 Bangkalan, mantan Kasi Kebudayaan Depdikbud Kab Bangkalan) dan Hidrochin Sabarudin (nak kanak meller dhari kampoeng Saksak Barat), siang malam menggarap Master of Art Madura "Sape Kerrab Se Bhellis" yang dimulai pada Bulan Mei tahun 1975 dan selesai pada awal Bulan Februari 1976.

"Monumen Sape Kerrab Se Bhellis" (Photo by: Nelly M)

Monumen tersebut sudah terdaftar sebagai Benda Cagar Budaya di Direktorat Kebudayaan Depdikbud RI, dengan Nomor Pendaftaran : 234/BCB/II37.01/1982 yang menandatangani a/n Kepala Kantor Depdikbud Kabupaten Bangkalan, Kasi Kebudayaan Ny. Buryan Umi Warsiti (BUW) Soejanto.

Selanjutnya sewaktu Pengembangan Pelabuhan Ujung Kamal dibongkar Paksa dengan bobot mati antara Patung Sapi Kerrab dan Landasannya sekitar 50 Ton. Pada laporan Benda Cagar Budaya tersebut telah terdata mulai dari Perencanaan sampai dengan tahap Pelaksanaan Pembuatannya.


Oleh : Hidrochin Sabarudin
Sumber Photo : Nelly M

0 komentar: