Kue Apen Khas Madura

Bagi masyarakat Madura kue ini mungkin tak asing lagi. Kue Apen adalah jajanan khas Madura khususnya di Sumenep. Kue Apen sangat digemari oleh masyarakat Sumenep. Kue ini sangat cocok dimakan untuk sarapan pagi. Selain mengenyangkan, Apen juga menyehatkan lho.

Dimana bahan-bahannya terbuat dari tepung beras, santan, ragi dan kelapa. Sementara sausnya berbahan gula merah, jahe, kayu manis dan daun pandan yang membuat harum. Selain rasanya nikmat, kue Apen di percaya dapat menghilangkan rasa letih setelah bekerja seharian lantaran kandungan gula merah, jahe dan kayu manis, yang mana berfungsi untuk menghangatkan badan.


Kue Apen berasal dari Desa Parsanga, Desa ini merupakan salah satu daerah di Sumenep yang tetap bertahan menjual kue Apen. Maklum, disekitar kota sudah jarang ditemukan penjual kue Apen. Bisa disebut jajanan ini amat langkah dan sulit sekali ditemukan. Untung saja daerah Parsanga masih tetap menjual kue khas Madura ini.


Selain faktor dari berbagai kue yang makin banyak bermunculan dan berbagai variasi macam rasa, menjadikan Apen sulit ditemukan dan sedikit bergeser. Padahal kue ini sangat digemari dan patut dilestarikan. Kalau pun bisa, kue Apen harus diperkenalkan kepada berbagai kota agar mereka tahu bahwa di Madura pun memiliki jajanan yang khas nan maksyus. Karena soal rasa, Apen memang sangat cocok dilidah semua orang.

Tak jarang kita sering kecewa karena kehabisan membeli jajanan ini, faktor penyebabnya adalah disamping jumlah peminatnya lumayan banyak, sedangkan penjual Apen hanya beberapa saja. Selain itu, jajanan ini hanya dapat kita temukan di pagi hari. Menjelang siang, kue Apen tersebut sudah habis terjual.

Padahal kue ini sangat digemari dan patut dilestarikan. Kalaupun bisa, kue apen harus diperkenalkan kepada warga luar kota agar mereka tahu bahwa di Sumenep masih memiliki jajanan khas. Apen yang lezat sangat cocok untuk memanjakan lidah semua orang sehingga perlu dipromosikan... [DI]


Sumber : Berbagai Sumber


Previous
Next Post »
Thanks for your comment