"SARIKOYO" Jajanan Khas Kota Bangkalan

Bagi masyarakat Bangkalan, pasti sudah mengenal dengan Jajanan Sarikoyo, tapi bagi masyarakat di luar Bangkalan mungkin masih asing dengan jajanan yang satu ini. Sarikoyo merupakan jajanan khas Kota Bangkalan. Meski mirip dengan nama buah yaitu srikaya, tetapi bahan utama dari jajanan sarikoyo ini tak sedikitpun berasal dari buah tersebut.


Jajanan sarikoyo terbuat dari roti tawar serta santan bercampur telur dan susu. Sarikoyo ini biasanya menjadi menu pengantar berbuka puasa. Namun, sekarang jajanan sarikoyo sudah menjadi santapan setiap hari warga Bangkalan. Apalagi jajanan khas bangkalan yang satu ini proses pembuatannya sangat mudah.


Cara membuat jajanan sarikoyo sebagai berikut :
Siapkan wadah sesuai selera yang diisi dengan roti tawar yang disuwir-suwir. Kemudian, campurkan santan, telur dan susu. Setelah itu diatasnya diberi irisan buah untuk pemanis (pisang raja, nangka atau lainnya).

Setelah selesai, sarikoyo yang setengah jadi ini kemudian dikukus Selama 10 hingga 15 menit. Sarikoyo yang sudah dikukus selama 15 menit tersebut sudah siap dihidangkan. Sangat mudah kan.


Jajanan sarikoyo ini dulunya memang khusus dibuat pada bulan puasa, namun sekarang jajanan ini bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja sesuai dengan situasi dan kondisi, bahkan bisa juga sebagai pengganti sarapan pagi bagi para pekerja yang belum sempat sarapan pagi... [DI]


By : Indra Bagus Kusuma
Photo Koleksi : Bangkalan Memory


0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: