Tari Reng Majang

Tari Reng Majang artinya tari nelayan, banyak jenis tari yang berasal dari Madura. Tari Reng Majang merupakan salah satu tarian daerah yang sudah tersohor dan banyak disukai. 


Tari Reng Majeng atau Tari Nelayan ini lebih dikenal dengan sebutan Tari Ole Olang, karena tarian ini diiringi sebuah lagu berjudul Ole Olang. Tari ini menggambarkan kehidupan para kegigihan para nelayan yang sedang melaut mencari ikan .


Betapa gigihnya para nelayan di daerah Madura, sehingga tidak mempedulikan ombak besar menerjang, namun para nelayan  tetap menjalankan kewajibannya, karena mereka berprinsip "a bantal ombak, a sapo' angen" artinya bagi mereka ibarat ombak itu hanyalah sebagai bantal saja, dan angin sebagai selimutnya. Para nelayan tak gentar oleh ombak serta riuhnya angin yang sewaktu-waktu dapat menggulingkan perahu mereka.


Tarian ini sungguh enak dinikmati serta merupakan tarian yang sederhana sehingga tidak sulit untuk dipelajari. Oleh sebab itu tidak mengherankan kalau banyak yang menyukainya. Tarian ini menampilkan  gerakan yang lincah dan sangat menawan... [DI]


Previous
Next Post »
Thanks for your comment