Profil Bupati Bangkalan Ke 4 - Mr. R.A.A. M. Sis Tjakraningrat

Mr. R.A.A. M. Sis Tjakraningrat merupakan putra dari pasangan RAA Tjakraningrat (Wali Negara Madura) dan Ray. Ayu Saleha Cakraningrat dan juga saudara dari RAA. Moh. Roeslan Tjakraningrat.






Mr. R.A.A. M. Sis Tjakraningrat merupakan lulusan sekolah hukum dengan gelar MR atau Misteer van de Recht dr rechtshogeschool batavia.

Beliau menikah dengan putri dari Raja Pakubuwono X dan permaisuri Gusti Kanjeng Ratu Hemas, yaitu Goesti Kandjeng Ratoe Pembajoen dan dikaruniai 4 (empat) orang anak antara lain :
  • B.R.Ay. Koes Siti Marlia;
  • B.R.Ay. Koes Sistiyah Siti Mariana;
  • KPH.M. Munnir Tjakraningrat;
  • KPH. Malikul Adil Tjakraningrat..

Pada 1948-1956, Mr. R.A.A. M. Sis Tjakraningrat menjabat sebagai Bupati Bangkalan ke IV. Kemudian Beliau di panggil oleh Presiden Soekarno ke Jakarta dan ditunjuk sebagai Badan Pemerintah Harian dan Staff Residen Pemerintah Daerah Riau pada tahun 1958-1960. Setelah itu oleh Presiden diangkat menjadi pengurus Masjid Istiqlal pada tahun 1960 dan diangkat sebagai Sekjen Agama Republik Indonesia pada tahun yang sama.


Putra Madura ini ikut serta dalam perundingan Linggarjati yang salah satu isi dari hasil perjanjiannya adalah :
  1. Pemerintah RI dan Belanda bersama-sama menyelenggarakan berdirinya sebuah negara berdasar federasi, yang dinamai Indonesia Serikat.
  2. Pemerintah Republik Indonesia Serikat akan tetap bekerja sama dengan pemerintah Belanda membentuk Uni Indonesia-Belanda.
  3. Belanda mengakui kedaulatan de facto RI atas Jawa, Madura, dan Sumatra.

Di akhir hayatnya Mr. R.A. M. Sis Tjakraningrat bekerja sebagai Sekjen Departemen Agama dan meninggal dunia pada saat bertugas di Jeddah dan di makamkan di Arab Saudi. Beliau meninggal saat bertugas pada tahun 1962 di Jeddah dan diminta oleh kerajaan Arab Saudi untuk dikuburkan disana, sehingga tidak kita jumpai makam Beliau di Pasarean Aermata.

Terima kasih kepada Nara Sumber yang telah memberikan saran dan masukan atas postingan kami dan apabila para pemerhati Bangkalan Memory ingin lebih lengkapnya silahkan menghubungi langsung Trah Tjakraningrat
Cc : Munier Tjakraningrat
Malikul Tjakraningrat
Andree Tjakraningrat
Endrawan Tjakraningrat
Sasha S. Tjakraningrat
Willy Tjakra Adiningrat


Photo Koleksi : Bangkalan Memory
0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: