Carved Ivory Handle Kris Madura

Satu lagi karya seni indah dihasilkan dari Bumi Madura yang sangat fenomenal yang dikagumi oleh bangsa Eropa di tahun 1900an. Karya seni ini merupakan sebuah benda sejarah berupa Pegangan Keris yang terbuat dari Gading yang dibuat di Madura.


Karya seni ini  merupakan karya seni terbaik yang terbuat dari gading yang diukir berbentuk pegangan keris. Madura adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Jawa. Karya seni ini sangat halus diukir, motif yang sangat luar biasa, dan kondisi sempurna serta mengkilap, hangat, madu patina.

Pegangan adalah ramuan yang luar biasa dan eklektik Eropa, Kristen, Belanda dan bahkan motif Ottoman menunjukkan keterbukaan relatif Pengrajin Indonesia (Madura) untuk pengaruh luar yang dibawa ke wilayah tersebut oleh penjajah, perdagangan dan bahkan misionaris.


Pegangan diukir sebagai wanita Eropa dengan panjang, rambut ditarik kembali. Dia memiliki malaikat atau seraphim angka di kedua bahu, masing-masing dengan sayap panjang yang jatuh bawah bahunya. Dia memegang antara dua lengan tipis dan melawan dadanya versi besar dari mahkota Belanda. Mahkota duduk di atas ceruk kecil yang memiliki telah diukir dengan kepala singa. Ini bertumpu pada platform berdaun dan antara dua kuda Jawa gempal.



Bagian belakang pegangan yang sangat diukir dengan halus, mengalir kunci dari sosok wanita, maka wilayah yang luas dari berdaun berkembang lega tinggi di mana bergetar dan panah yang diukir. Ini tersusun dengan gaya yang terlihat di Ottoman perak, motif juga mempekerjakan lebih dari pintu masuk Kori Kamandungan di Kraton di Surakarta (Solo), Jawa Tengah. Kunci panjang rambutnya jatuh antara motif ini dan ekor kuda Jawa.


Sosok wanita dengan wajah seraphim di kedua sisi terlihat sangat seperti banyak tuts Kristen dari Madonna dan anak diukir di Goa, yang Filipina dan bahkan Cina selatan, (lihat Pal, 1988, hlm. 239 untuk contoh.) Hal ini mungkin atau bahkan mungkin bahwa pemahat berdasarkan karyanya pada ukiran tersebut, meskipun Madura menjadi sangat Muslim (meskipun ada populasi Katolik yang signifikan di Jawa Tengah). Mahkota Belanda adalah bentuk biasanya direproduksi di Madura dan Bali yang terdapat pada gagang gading ukiran, juga terdapat untaian perhiasan, dan bahkan pada fasad kuil Hindu Bali.




Secara keseluruhan, karya seni ini adalah gagang terbaik dan sangat langka dalam kondisi sangat baik.

Kreteria dari Pegangan Keris ini adalah sebagai berikut :
Nama Benda Sejarah : Pegangan Keris dari Gading
Tahun Pembuatan : Tahun 1900an
Origins : Madura
Kategori : Gading
Tinggi : 9,5 cm

Ringkasan : 
Karya seni ini sangat halus pembuatannya, motif yang sangat luar biasa, dan kondisi sempurna serta mengkilap, hangat, madu patina


Referensi:
Ghiringhelli, V., Kris Hilts: Masterpieces of South-East Asian Art, 5 benua 2011.
Greffioz, J., The Kris: A Passion dari Indonesia 2006.
Marzio, F., The Glassell Koleksi Museum of Fine Arts, Houston: Masterworks Pra-Columbus, Indonesia, dan Emas Afrika, Museum of Fine
Seni, Houston 2011.
Mutholi'in, A., et al, Karaton Surakarta: A Look ke Pengadilan Surakarta Hadiningrat, Jawa Tengah, Marshall Cavendish Editions 2006.
Sobat, P., Patung India, Volume 2 - 700-1800, Los Angeles County Museum of Art 1988.


Sumber : http://www.michaelbackmanltd.com/2225.html

Previous
Next Post »
Thanks for your comment