Kamis, 15 Oktober 2015

Sejarah DAM Tondjung Burneh

Dam Tondjung berada di lokasi Kecamatan Burneh tepatnya di Desa Tondjung Bangkalan. Dam tersebut merupakan peninggalan Belanda yang masih berfungsi sampai sekarang. Daerah Burneh atau lebih tepatnya Desa Tondjung mempunyai struktur tanah yang sangat subur.

Dam yang memiliki panjang sekitar 50 meter itu memiliki pemandangan yang cukup menarik. Warga sering menyebutnya sebagai air terjun, karena airnya turun deras dari sungai di atasnya.  Di atas Dam tersebut, ada sebuah jalan kecil yang hanya cukup untuk pejalan kaki ataupun sepeda motor.

Dam Tondjung ini dibangun pada tahun 1927 oleh pemerintah Belanda pada masa Residen J.V, van Heijst atau tepatnya pada masa kepemimpinan R. AA Suryowinoto, dimana bangunan ini dibangun bersamaan juga dengan dibangunnya Menara Air (Tower Leideng), Jembatan Tondjung dan Tugu Menara Air di Embong Miring Burneh. 


Adapun Belanda membangun Dam Tondjung tersebut dengan tujuan untuk mengairi sawah-sawah yang ada di sekitarnya, karena di daerah Tondjung dan sekitarnya merupakan daerah yang sangat potensial dimana tekstur tanah di sana sangat subur sehingga dapat meningkatkan hasil produksi padi/beras secara besar-besaran dengan tenaga kerja yang gratis. Tentunya dalam pelaksanaannya pengolahan sawah, otomatis Belanda akan memanfaatkan tenaga pribumi orang Bangkalan, Burneh dan sekitarnya.


Pembangunan Dam Tondjung juga bertujuan untuk mengantisipasi banjir dari arah Timur (Burneh) ke wilayah Kabupaten Bangkalan sehingga aliran dari sungai Tondjung tersebut di pecah sehingga aliran yang ke arah Bangkalan tidak terlalu banyak, dengan demikian Kota Bangkalan aman dari banjir apabila musim penghujan datang.



Pengukur Batas Ketinggian Air
88 tahun telah berlalu, Kini Dam Tondjung masih berdiri dengan kokoh, meskipun telah mengalami beberapa kali perbaikan dan rehabilitasi namun sifatnya hanya perbaikan plengsengannya saja tetapi bangunan induk (Dam Tondjung) tidak mengalami perubahan. Kini tinggal bagaimana upaya kita agar bangunan bersejarah tersebut tetap terjaga eksistensi dan keutuhannya.  (IDR)


Photo Koleksi : Bangkalan Memory

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © BANGKALAN MEMORY | Powered by Bangkalan Memory Design by Bang Memo | Kilas Balik Bangkalan Tempo Dulu