Profil Bupati Bangkalan ke 3 - RAA. Soerjowinoto / Wali Negara

R.A.A. Tjakraningrat (Soerjowinoto/Suryowinoto) lahir pada tahun 1886 dan merupakan putra dari Bupati Bangkalan I (Pangeran Tjakraadiningrat) dan juga merupakan adik dari Bupati Bangkalan II yakni R.A.A. Tjakraningrat / R.A.A. Soerjonegoro.

R.A.A. Tjakraningrat (Soerjowinoto/Suryowinoto) adalah suami dari Ray. Ayu Saleha Tjakraningrat dan Aisyah Tjakraningrat. Dari perkawinan dengan Ray. Ayu Saleha Tjakraningrat menghasilkan putra yang bernama MR. RAA M. Sis Cakraningrat, RAA Roeslan Tjakraningrat, sedangkan dari perkawinan dengan Aisyah Tjakraningrat menghasilkan putra bernama M. Zainal Tjakraningrat dan M. Pratanu Tjakraningrat.

Beliau mendapat gelar pada tahun 1920 dari R.A.A Soerjowinoto menjadi R.A.A. Tjakraningrat. Kemudian pada tahun Tahun 1918 - 1945, menggantikan kakaknya (R. AA Soerjonegoro), menjadi Bupati Bangkalan III.

RAA. Soerjowinoto / Wali Negara - Bupati Bangkalan ke 3

Pada jaman gencatan senjata antara RI vs Belanda (pada saat itu sudah RIS), namun keadaan Madura pada waktu itu begitu memprihatinkan, karena pasokan beras, pakaian dll dari Jawa Timur tidak bisa masuk ke Madura. 

Pada Bulan Pebruari 1948 dideklarasikan Negara Madura (masuk dalam RIS) dan R.A.A. Tjakraningrat ditunjuk sebagai Wali Negara Madura. Hingga pada akhir tahun 1949 ada gerakan demonstrasi dari pondok pesantren yang meminta kembali ke RI, perwakilan pengunjuk rasa dipersilahkan masuk untuk didengar pendapatnya oleh R.A.A. Tjakraningrat, sehingga pada saat itu pula disetujui untuk kembali ke Republik Indonesia.

Tidak ada kekacauan dan juga korban jiwa hingga kembalinya dengan keadaan damai. Pak Karno pun dalam beberapa kesempatan pernah berkunjung ke rumah R.A.A. Tjakraningrat setelah itu di Madura dan menemui MR. R.A.A. M. Sis Tjakraningrat yang pada tahun 1948-1956 menjabat sebagai Bupati Bangkalan IV. 

R.A.A Tjakraningrat di tinggal mati oleh istrinya, kemudian menikah kembali dengan Aisyah Cakraningrat dan mempunyai anak yaitu R.A. Zainal Tjakraningrat yang selanjutnya menikah kembali dengan puteri Pasundan dan mempunyai anak R.A. Pratanu Tjakraningrat...


R.A.A. Tjakraningrat meninggal dan dimakamkan di cungkup III pasarean aermata.




Sumber Informasi : Raden Ayu Panji Laras
Photo Koleksi : Bangkalan Memory


0 Comments
Comments Tweets
Comments Facebook

0 komentar: